Begini Cara Buat Teh Ginseng Madu yang Menyehatkan!

header

Begini Cara Buat Teh Ginseng Madu yang Menyehatkan!

Ifah Fauziah 15 June, 2022

Ginseng adalah tanaman herbal yang telah lama digunakan untuk pengobatan alami. Ginseng dapat diolah menjadi teh ginseng madu yang lezat. Simak selengkapnya di bawah ini!

Ginseng

Ginseng atau Ginseng Korea (Panax ginseng) merupakan tanaman herbal yang telah digunakan untuk pengobatan tradisional di Asia Timur selama berabad-abad. Berasal dari China dan Korea, sejak dahulu Ginseng diketahui dapat berfungsi sebagai tonik dan dapat memperbaiki fungsi tubuh karena kandungan senyawa kimia seperti ginsenosida dan asam amino. Kini, ginseng merupakan salah satu herbal yang paling sering digunakan di dunia (Mishra & Kumar Verma, 2017).

Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Ginseng mengandung senyawa utama bernama ginsenosida yang masuk ke dalam golongan saponin. Ginsenosida diketahui merupakan senyawa khas pada ginseng yang memiliki banyak mekanisme aksi farmakologi. Karenanya, ginseng baik dan bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila Anda rutin mengonsumsi ginseng.

 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

 

Ginseng dapat menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit atau mikroba dengan regulasi sistem imun dalam tubuh (Kang & Min, 2012).

 

  • Menurunkan berat badan

 

Dikenal sebagai salah satu herba untuk menurunkan berat badan, ginseng mengandung ginsenosida yang dapat mengontrol asupan makanan dalam tubuh. Ginsenosida juga dapat menghambat aktivitas enzim lipase yang berperan untuk pencernaan lemak (Li & Ji, 2018). 

  • Mengontrol kadar gula darah tubuh

Ginseng diketahui dapat mengontrol gula darah dalam tubuh. Studi menyatakan bahwa ginseng dapat menjaga kadar gula darah pasien tetap terkontrol dengan cara meregulasi sekresi insulin, penyerapan glukosa, aktivitas antioksidan, dan aktivitas antiinflamasinya (Chen et al., 2019).

  • Meningkatkan fungsi pernapasan

Ginseng juga dapat meningkatkan fungsi pernapasan tubuh. Ginseng dapat meningkatkan ketahanan sistem pernapasan tubuh dan memperbaiki fungsi pernapasan bagi pasien Penyakit Paru Obstruktif Klinis (PPOK). Ginseng juga diketahui dapat membantu mengurangi efek bronkitis (Iqbal & Rhee, 2020).

Cara Membuat Teh Ginseng Madu

Teh Ginseng Madu

Manfaat dari ginseng ternyata dapat diperoleh dengan mudah dan nikmat dengan olahan ginseng yang menyehatkan. Salah satu olahan ginseng yang bisa dibuat sendiri di rumah adalah teh ginseng madu. Berikut langkah-langkah membuat teh ginseng madu yang enak dan menyehatkan.

Bahan-bahan:

10 potong akar ginseng kering

Madu secukupnya, sebagai pemanis

5 gelas air panas

Langkah-langkah

  1. Kupas akar ginseng kering
  2. Rendam ginseng dalam madu selama 15 menit
  3. Masukkan air panas (bukan air mendidih) ke dalam rendaman ginseng dan madu, diamkan selama 5-10 menit
  4. Saring potongan akar ginseng
  5. Teh ginseng madu siap disajikan

(Imatome-Yun, 2021).

Itulah cara membuat teh ginseng madu yang lezat dan menyehatkan. Anda dapat mencobanya dengan mudah di rumah. Unduh aplikasi Widya Herbal di playstore dan appstore untuk mendapatkan informasi lain seputar herbal, kesehatan, gaya hidup, pola pikir, dan pola makan sehat. Jangan lupa untuk berkonsultasi gratis dengan dokter kami secara GRATIS!

Sumber:

Chen, W., Balan, P., & Popovich, D. G. (2019). Review of ginseng anti-diabetic studies. Molecules, 24(24). https://doi.org/10.3390/molecules24244501

Imatome-Yun, N. (2021). Korean Ginseng Tea (Insam Cha). The Spruce Eats. https://www.thespruceeats.com/homemade-korean-ginseng-tea-insam-cha-recipe-2118533

Iqbal, H., & Rhee, D. kwon. (2020). Ginseng alleviates microbial infections of the respiratory tract: a review. Journal of Ginseng Research, 44(2), 194–204. https://doi.org/10.1016/j.jgr.2019.12.001

Kang, S., & Min, H. (2012). Ginseng, the “immunity boost”: The effects of panax ginseng on immune system. Journal of Ginseng Research, 36(4), 354–368. https://doi.org/10.5142/jgr.2012.36.4.354

Li, Z., & Ji, G. E. (2018). Ginseng and obesity. Journal of Ginseng Research, 42(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.jgr.2016.12.005

Mishra, J. N., & Kumar Verma, N. (2017). An Overview on Panax ginseng. International Journal of Pharma And Chemical Research I, 3(3), 516.


0 Komentar

  • Tidak ada komentar, jadikan anda orang pertama untuk berkomentar.

Tinggalkan Komentar