Herbal-herbal Unggulan untuk Lindungi Hati Anda

header

Herbal-herbal Unggulan untuk Lindungi Hati Anda

Ifah Fauziah 30 July, 2022

Selain relatif lebih tidak toksik bagi tubuh, ternyata beberapa herbal juga memiliki efek hepatoprotektif atau dapat melindungi hati. Apa saja herbal tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini

Hati merupakan salah satu organ yang penting bagi tubuh. Penyakit yang menyerang organ ini seperti hepatitis tentunya dapat mengganggu sistem, kinerja, dan fungsi dari tubuh sehingga tidak boleh disepelekan dan harus ditangani segera.

Herbal untuk Lindungi Hati

Hati adalah organ yang berfungsi untuk menjaga dan mengatur homeostasis atau keseimbangan tubuh. Selain itu, hati adalah tempat untuk mengolah dan memetabolisme berbagai senyawa, termasuk obat-obatan sintetis.

Metabolisme obat-obatan sintetis dapat menghasilkan senyawa metabolit dimana beberapa senyawa tersebut dapat mengakibatkan kerusakan hati atau hepatotoksik, contohnya adalah NAPQI (N-acetyl-p-benzoquinone imine) yang dihasilkan dari metabolisme obat parasetamol (Abdulmaguid & Hemdan, 2017; France & Navarro, 2022).

Penggunaan obat-obatan sintetis dalam jangka waktu lama tentunya dapat meningkatkan efek hepatotoksik ini sehingga perlu adanya alternatif terapi yang aman dan tidak menimbulkan kerusakan hati. Solusi terbaik untuk menggantikan obat-obatan sintetis adalah dengan konsumsi obat-obatan herbal.

Herbal dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan tanpa menimbulkan efek samping toksisitas yang dihasilkan oleh obat-obatan sintetis. Selain relatif lebih tidak toksik dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya, beberapa herbal nyatanya juga dapat melindungi hati atau efek hepatoprotektor.

  • Kunyit

Kunyit adalah salah salah satu bumbu masakan yang sering ditemukan di dapur rumah tangga. Selain bermanfaat sebagai penyedap rasa makanan, rupanya kunyit juga dapat melindungi hati karena memiliki aktivitas antioksidan dan antiinflamasi. Kedua aktivitas ini dapat meningkatkan ketahanan sel-sel hati sehingga fungsi hati tetap terjaga (Karamalakova et al., 2019).

  • Ginseng

Raja Herbal dari Korea ini rupanya juga dapat ikut andil dalam melindungi hati. Ginseng yang kaya akan antioksidan dapat meningkatkan aktivitas enzim antioksidan seperti superoxide dismutase, catalase, dan glutathione peroxidase sehingga dapat mengurangi kerusakan hati. Ginseng juga dapat menurunkan kerusakan akibat stres oksidatif seperti lipid peroxidation, alanine aminotransferase, aspartate aminotransferase, dan lactate dehidrogenase (Youssef, 2016).

  • Jahe

Rempah lain yang berfungsi untuk melindungi hati adalah jahe. Jahe memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi, menurunkan serum aminotransferase, menurunkan kematian atau apoptosis selhati, dan mencegah perubahan bentuk hati akibat obat-obatan sintetis. Dengan konsumsi jahe secara rutin, maka dapat melindungi hati dari berbagai kerusakan (Huang, 2019).

Demikian informasi terkait dengan herbal untuk melindungi hati. Informasi tentang kesehatan lainnya dapat Anda peroleh melalui website Widya Herbal Indonesia dan media sosial Widya Herbal Indonesia yang rutin memberikan informasi tentang herbal.

Selain itu, Anda dapat mengunduh aplikasi Widya Herbal Indonesia melalui playstore dan appsstore yang menyediakan Konsultasi Kesehatan bersama Dokter dan Apoteker dan Artikel Kesehatan secara GRATIS!

Semoga sehat selalu, panjang umur, serta mulia bersama Widya Herbal Indonesia.

Sumber:

Abdulmaguid, N. Y. M., & Hemdan, D. I. (2017). Hepatoprotective activity of avocado and coconut oils against biochemical alteration and oxidative stress induced by nicotine in male albino rats. Information (Japan), 20(10), 7463–7478.

France, P., & Navarro, V. J. (2022). Drug Induced Hepatotoxicity. In StatPearls [Internet] Treasure Island (FL). StatPearls Publishing. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK557535/

Huang, Y. S. (2019). The hepatoprotective effect of ginger. Journal of the Chinese Medical Association, 82(11), 805–806. https://doi.org/10.1097/JCMA.0000000000000174

Karamalakova, Y. D., Nikolova, G. D., Georgiev, T. K., Gadjeva, V. G., & Tolekova, A. N. (2019). Hepatoprotective properties of Curcuma longa L. extract in bleomycin-induced chronic hepatotoxicity. Drug Discoveries & Therapeutics, 13(1), 9–16. https://doi.org/10.5582/ddt.2018.01081

Youssef, G. A. (2016). Role of Ginseng as Hepatoprotective , Antioxidant and Anti - Inflammatory against Methotrexate Induced Liver Injury in Rats . The Egyptian Journal of Hosspital Medicine, 62, 105–108. https://doi.org/10.12816/0021419

 


0 Komentar

  • Tidak ada komentar, jadikan anda orang pertama untuk berkomentar.

Tinggalkan Komentar