Rajanya Herbal! Simak Kandungan Ginseng yang Berkhasiat untuk Sistem Pernapasan

header

Rajanya Herbal! Simak Kandungan Ginseng yang Berkhasiat untuk Sistem Pernapasan

Fauziah Nurhasanah 28 July, 2022

Rajanya herbal, ini khasiat ginseng yang baik untuk kesehatan sistem pernapasan

Herbal yang satu ini tentunya tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Meski berasal dari wilayah Asia Timur, nyatanya penggunaan ginseng untuk kesehatan telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu. Di negara salanya, Korea, ginseng juga telah digunakan sebagai tanaman herbal sejak 2000 tahun lalu (J. K. Kim et al., 2016).

Ginseng (Panax ginseng) merupakan tumbuhan dari famili Araliaceae dan genus Panax. Dijuluki sebagai ‘King of Herbs’ atau ‘Rajanya Herbal’, ginseng memang bermanfaat untuk berbagai kondisi kesehatan berkat kandungan senyawa bermanfaat di dalamnya.

Kandungan Bermanfaat dari Ginseng

Semakin berkembangnya teknologi membuat banyaknya studi dan penelitian terkait dengan manfaat ginseng untuk kesehatan. Berbagai kandungan senyawa kimia bermanfaat telah diidentifikasi dari ginseng, salah satunya adalah ginsenosida.

Ginsenosida merupakan senyawa aktif utama dari ginseng. Ginsenosida merupakan senyawa saponin yang mirip dengan steroid dan hanya ditemukan pada spesies. Senyawa ini merupakan senyawa yang bertanggung jawab dalam aktivitas farmakologis dari ginseng (Mishra & Kumar Verma, 2017).

Struktur Ginsenosida

Selain ginsenosida, kandungan lain yang dapat ditemukan di ginseng antara lain asam amino (seperti leuusin, alanin, lisin, treonin), alkaloid (seperti adenosin dan cholin), fenol, protein, polipeptida, polisakarida, vitamin B1, vitamin B2, serta beberapa enzim yang bermanfaat bagi tubuh (Liu et al., 2020; Mishra & Kumar Verma, 2017).

Ginseng untuk Perbaiki dan Menjaga Sistem Pernapasan

Salah satu manfaat ginseng bagi kesehatan adalah ginseng dapat memperbaiki sistem pernapasan. Kerja ginseng dalam memperbaiki dan menjaga sistem pernapasan terdapat dalam beragam cara, yaitu:

  • Menguatkan otot-otot saluran napas

Ginseng diketahui dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot-otot di saluran napas. Senyawa yang terkandung dalam ginseng diketahui dapat masuk ke dalam paru-paru dan otot di saluran napas dengan baik. Hal ini menyebabkan ginseng memiliki efek maksimal bagi otot di sistem pernapasan. Selain itu, ginseng juga dapat meningkatkan metabolisme sel-sel pernapasan (Gross et al., 2002).

  • Mengurangi radang paru-paru dan saluran napas

Ginseng memiliki efek antiinflamasi atau antiradang dengan menghambat aktivitas senyawa-senyawa yang menstimulasi radang seperti interleukin dan Tumour Necrosis Factor (TNF-alfa). Penghambatan aktivitas senyawa tersebut dapat mengurangi peradangan pada paru dan saluran napas (J. H. Kim et al., 2017).

  • Mencegah infeksi di saluran napas

Virus seperti influenza dan coronavirus merupakan virus-virus yang sering menyerang sistem pernapasan tubuh. Virus tersebut dapat masuk ke tubuh, berikatan dengan sel, lalu berkembang biak dan akhirnya menyebabkan penyakit. Ginseng diketahui dapat menghambat ikatan virus dengan sel tubuh sehingga mencegah infeksi dan perkembang biakan virus dalam tubuh (Alsayari et al., 2021).

Selain itu, ginseng juga dapat meningkatkan daya tahan sel sehingga dapat melawan virus maupun bakteri yang masuk ke sistem pernapasan. Beberapa penelitian menyatakan ginseng dapat membantu mengatasi infeksi virus influenza, rhinovirus, dan coronavirus di pernapasan serta bakteri Streptococcus pneumoniae dan Pseudomonas aeruginosa yang menyebabkan infeksi paru-paru seperti pneumonia (Alsayari et al., 2021).

  • Mematikan sel-sel yang sakit dan rusak

Ginseng dapat meningkatkan produksi sel-sel antibodi di saluran napas. Antibodi ini ini berperan besar untuk mengeliminasi sel rusak maupun sel yang terinfeksi virus maupun bakteri sehingga dapat mengurangi infeksi saluran napas (Alsayari et al., 2021).

Demikian kandungan senyawa dan manfaat ginseng untuk pernapasan. Apabila Anda ingin mengetahui informasi terkait herbal lainnya, Ada dapat mengunduhWidya Herbal di playstore dan appstore. Selain itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara GRATIS! Konsultasi dapat dilakukan melalui aplikasi maupun melalui WhatsApp Group dengan dokter-dokter herbal terpercaya.

Glosarium:

Aktivitas farmakologi: aktivitas/kemampuan pengobatan

Sumber:

Alsayari, A., Muhsinah, A. Bin, Almaghaslah, D., Annadurai, S., & Wahab, S. (2021). Pharmacological efficacy of ginseng against respiratory tract infections. Molecules, 26(13). https://doi.org/10.3390/molecules26134095

Gross, D., Shenkman, Z., Bleiberg, B., Dayan, M., Gittelson, M., & Efrat, R. (2002). Ginseng improves pulmonary functions and exercise capacity in patients with COPD. Monaldi Archives for Chest Disease - Pulmonary Series, 57(5–6), 242–246.

Kim, J. H., Yi, Y. S., Kim, M. Y., & Cho, J. Y. (2017). Role of ginsenosides, the main active components of Panax ginseng, in inflammatory responses and diseases. Journal of Ginseng Research, 41(4), 435–443. https://doi.org/10.1016/j.jgr.2016.08.004

Kim, J. K., Tabassum, N., Uddin, M. R., & Park, S. U. (2016). Ginseng: a miracle sources of herbal and pharmacological uses. Oriental Pharmacy and Experimental Medicine, 16(4), 243–250. https://doi.org/10.1007/s13596-016-0246-6

Liu, H., Lu, X., Hu, Y., & Fan, X. (2020). Chemical constituents of Panax ginseng and Panax notoginseng explain why they differ in therapeutic efficacy. Pharmacological Research, 161, 105263. https://doi.org/10.1016/j.phrs.2020.105263

Mishra, J. N., & Kumar Verma, N. (2017). An Overview on Panax ginseng. International Journal of Pharma And Chemical Research I, 3(3), 516.


0 Komentar

  • Tidak ada komentar, jadikan anda orang pertama untuk berkomentar.

Tinggalkan Komentar