Jangan Sampai Terlewat, Ini 5 Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan

header

Jangan Sampai Terlewat, Ini 5 Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan

Ifah Fauziah 22 July, 2022

Jamur cordyceps telah lama digunakan untuk pengobatan dan mengandung berbagai senyawa aktif bermanfaat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Simak selengkapnya di bawah ini!

Jamur cordyceps adalah salah satu jamur yang dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional China sejak 300 tahun lalu. Jamur ini sebenarnya merupakan jamur parasit bagi larva serangga jenis Hepialidae (sejenis ngengat). Hingga kini, berbagai penelitian telah dilakukan untuk mempelajari senyawa-senyawa dalam jamur cordyceps untuk mendapatkan manfaatnya.

Senyawa Bermanfaat Jamur Cordyceps

Jamur cordyceps mengandung beberapa senyawa kimia seperti cordycepin, cordycepic acid, ergosterol, polisakarida, nukleosida, dan senyawa-senyawa lainnya. Jamur ini juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin E, K, B1, B2, dan B12 serta mineral magnesium, besi, kalium, natrium dan kalsium (Choda, 2017; Yue et al., 2013).

Dari deretan senyawa tersebut, cordycepin dan cordycepic acid adalah senyawa utama dalam jamur cordyceps. Cordycepin memiliki rumus molekul 3’-deoxyadenosine sementara cordycepic acid memiliki struktur mirip dengan D-manitol. Struktur kedua senyawa tersebut adalah sebagai berikut.

Selain cordycepin dan cordycepic acid, polisakarida merupakan salah satu senyawa bermanfaat dalam jamur cordyceps. Polisakarida sendiri menyusun 3-8% dari berat total jamur cordyceps. Jamur ini juga mengandung asam lemak yang terdiri dari asam lemak jenuh dan tidak jenuh (Yue et al., 2013).

Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan

Senyawa bermanfaat yang dikandung oleh jamur cordyceps membuat jamur tersebut kaya akan manfaat untuk tubuh. Manfaat yang bisa didapatkan apabila rutin mengonsumsi jamur cordyceps antara lain:

 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

Kandungan senyawa cordycepin dan polisakarida dalam cordyceps dapat mengatur respon kekebalan dalam tubuh. Kemampuan ini membuat cordyceps dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, jamur cordyceps dapat mengurangi senyawa-senyawa berbahaya dalam tubuh (Yue et al., 2013).

 

Memiliki efek antioksidan bagi tubuh

 

Radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh. Jamur cordyceps memiliki polisakarida yang dapat menetralkan radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menjaga sel-sel tubuh tetap sehat (Yue et al., 2013).

 

Melindungi liver dan ginjal

 

Liver merupakan tempat untuk menyaring racun dalam tubuh. Polisakarida dalam cordyceps dapat meningkatkan fungsi sel-sel hati, mengurangi racun yang tertinggal di liver, serta dapat mengurangi kerusakan akibat racun dalam liver. Selain itu, cordyceps juga memiliki efek terapi pada ginjal dengan mengembalikan fungsi ginjal yang rusak akibat gagal ginjal (Yue et al., 2013).

 

Menurunkan gula darah dan kolesterol

 

Studi menyatakan bahwa cordyceps dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Selain itu, cordyceps juga memiliki kemampuan menghambat konsentrasi LDL (kolesterol jahat), meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mengurangi pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah (Yue et al., 2013).

Menunjang dan memperbaiki sistem pernapasan

Jamur cordyceps memiliki efek antiradang atau antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada saluran napas. Selain itu, jamur cordyceps juga dapat membantu mengobati infeksi saluran napas akibat virus (seperti influenza, COVID-19) karena dapat menghambat enzim yang digunakan virus untuk berkembang biak (Fratta Pasini et al., 2021; Kaymakci & Guler, 2020; Liu et al., 2015).

Manfaat jamur cordyceps ini dapat Anda temukan dalam produk kami Visuddha Baddhana. Visuddha Baddhana merupakan produk herbal mengandung ekstrak jamur cordyceps, ekstrak sarang walet, dan ekstrak ginseng yang memiliki aktivitas sinergis. Visuddha Baddhana mampu membantu mengatasi berbagai keluhan pernapasan seperti asma, PPOK, COVID-19, ISPA, dan batuk akibat rokok.

Apabila ada pertanyaan terkait dengan jamur cordyceps atau herbal lainnya, Anda dapat berkonsultasi pada dokter kami di aplikasi Widya Herbal yang bisa diunduh melalui playstore dan appstore. Salam Sehat!

Sumber: 

Choda, U. (2017). Medicinal Value of Cordyceps sinensis. Translational Biomedicine, 08(04). https://doi.org/10.21767/2172-0479.100132

Fratta Pasini, A. M., Stranieri, C., Cominacini, L., & Mozzini, C. (2021). Potential role of antioxidant and anti?inflammatory therapies to prevent severe sars?cov?2 complications. Antioxidants, 10(2), 1–22. https://doi.org/10.3390/antiox10020272

Kaymakci, M. A., & Guler, E. M. (2020). Promising Potential Pharmaceuticals from the Genus Cordyceps for COVID-19 Treatment: A Review Study. Bezmialem Science, 8(3), 140–144. https://doi.org/10.14235/bas.galenos.2020.4532

Liu, Y., Wang, J., Wang, W., Zhang, H., Zhang, X., & Han, C. (2015). The chemical constituents and pharmacological actions of Cordyceps sinensis. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, 2015. https://doi.org/10.1155/2015/575063

Yue, K., Ye, M., Zhou, Z., Sun, W., & Lin, X. (2013). The genus Cordyceps: A chemical and pharmacological review. Journal of Pharmacy and Pharmacology, 65(4), 474–493. https://doi.org/10.1111/j.2042-7158.2012.01601.x

 


0 Komentar

  • Tidak ada komentar, jadikan anda orang pertama untuk berkomentar.

Tinggalkan Komentar