Sedapnya Sup Sarang Walet, Begini Cara Buatnya!

header

Sedapnya Sup Sarang Walet, Begini Cara Buatnya!

Ifah Fauziah 21 June, 2022

Dijuluki ‘Caviar dari Timur’, ini cara olah sarang walet jadi sup yang lezat dan menyehatkan!

Pernahkah Anda mendengar tentang sarang burung walet? Sarang burung yang satu ini bukan sarang biasa, lho! Sarang walet merupakan edible bird’s nest (EBN) atau sarang burung yang bisa dimakan. Sarang walet dibuat oleh burung walet jenis Collocalia fuchipaga dari air liur burung tersebut (Saengkrajang et al., 2013).

Sarang walet telah lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Ekstrak sarang walet telah terbukti dapat menghambat infeksi virus, menunjang pertumbuhan badan, dan kaya akan hormon estrogen sehingga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan sistem reproduksi seperti menstruasi yang tidak teratur (Daud et al., 2021).

Selain itu, sarang walet juga bermanfaat untuk menjaga sistem pernapasan manusia. Dalam pengobatan tradisional China, sarang walet digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan dan menyehatkan paru-paru. Sarang walet juga kaya akan glikoprotein yang memiliki efek antivirus dan meningkatkan sistem imun. Banyaknya penyakit yang dapat diatasi oleh sarang burung walet inilah yang menyebabkan harganya sangat mahal, yakni berkisar Rp 10-12 juta per kilo. Harga yang tinggi ini menyebabkan sarang walet sering kali dijuluki ‘Caviar dari Timur’ (Chua et al., 2021).

Resep dan Langkah Membuat Sup Sarang Walet

Salah satu cara untuk mencicipi khasiat sarang walet dengan olahan lezat adalah dengan membuatnya menjadi sup sarang walet. Sup sarang walet banyak ditemukan di wilayah China dan Asia Tenggara seperti Thailand atau Indonesia. Ketika diolah menjadi sup, sarang walet akan memiliki tekstur lembut dan kenyal seperti agar-agar (Saengkrajang et al., 2013).

Sarang burung walet sebenarnya tidak memiliki rasa yang khas. Oleh karenanya, perlu penambahan gula atau kaldu ayam sebagai pemberi rasa ketika mengolah sarang burung walet. Simak cara membuat sup sarang walet yang lezat dan berkhasiat di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

1 ons sarang burung walet

4 gelas air

7-8 sendok makan gula batu

Langkah Pembuatan

  1. Bersihkan sarang burung walet dengan cara:
    1. Rendam sarang burung walet di dalam air dingin semalaman
    2. Bersihkan sarang burung walet dari bulu-bulu yang menempel
    3. Rebus sarang burung walet dalam air mendidih selama 5 menit, tiriskan, lalu ulangi sekali lagi
    4. Tiriskan sarang burung walet, bilas, dan peras sarang burung walet hingga kering
  2. Masukkan sarang burung walet ke dalam panci dan tambahkan 4 gelas air
  3. Rebus sarang burung walet hingga sarang burung walet lembut (hingga 2 jam)
  4. Matikan api lalu tambahkan gula batu, aduk hingga gula larut
  5. Sajikan selagi hangat

(Parkinson, 2022).

Tips dan Trik Memasak Sup Sarang Walet

Untuk mendapatkan khasiatnya secara optimal, sarang walet harus dimasak dengan benar supaya tidak merusak tekstur dan nutrisi dari sarang walet itu sendiri. Berikut adalah tips dan trik memasak sup sarang walet agar tetap lezat dan berkhasiat:

 

  • Masak dengan api kecil

 

Agar sarang burung tidak rusak, alangkah baiknya bisa saat memasak sup sarang walet menggunakan api kecil. TIngginya api dapat merusak protein yang terkandung dalam sarang walet.

 

  • Waktu memasak hanya 30 menit – 2 jam, jangan lebih!

 

Waktu memasak sarang walet sangat berpengaruh pada tekstur sup sarang walet yang dihasilkan. Apabila dimasak terlalu matang (overcook), sarang walet dapat menjadi terlalu kenyal dan akhirnya rusak.

 

  • Tambahkan gula setelah api mati

 

Gula batu yang digunakan sebagai pemanis dan penambah rasa pada sup sarang walet ditambahkan setelah sarang walet matang. Hal ini, dilakukan untuk mencegah terbentuknya karamel akibat proses memasak gula yang terlalu lama. Gula yang terkaramelisasi dapat menyebabkan menurunnya khasiat dari sarang walet. 

(Jaden, 2017).

Demikian cara membuat sup sarang walet lezat yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Sarang walet ini juga terdapat pada produk andalan kami, Visuddha Baddhana. Visuddha Baddhana mengandung ekstrak sarang walet, ekstrak jamur cordyceps, dan ekstrak ginseng dengan aktivitas sinergis yang dapat meringankan gejala gangguan pernapasan seperti PPOK, COVID-19, dan Batuk Akibat Rokok.

Apabila Anda ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai herbal dan kesehatan, Anda dapat berkunjung ke laman website maupun media sosial Widya Herbal. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami secara GRATIS di aplikasi Widya Herbal yang bisa diunduh di playstore maupun appstore, atau melalui WhatsApp Grup yang menyediakan konsultasi secara lebih intensif.

Sumber: 

Chua, K. H., Mohamed, I. N., Mohd Yunus, M. H., Shafinaz Md Nor, N., Kamil, K., Ugusman, A., & Kumar, J. (2021). The Anti-Viral and Anti-Inflammatory Properties of Edible Bird’s Nest in Influenza and Coronavirus Infections: From Pre-Clinical to Potential Clinical Application. Frontiers in Pharmacology, 12(May). https://doi.org/10.3389/fphar.2021.633292

Daud, N., Mohamad Yusop, S., Babji, A. S., Lim, S. J., Sarbini, S. R., & Hui Yan, T. (2021). Edible Bird’s Nest: Physicochemical Properties, Production, and Application of Bioactive Extracts and Glycopeptides. Food Reviews International, 37(2), 177–196. https://doi.org/10.1080/87559129.2019.1696359

Jaden. (2017). Chinese Bird’s Nest Soup Recipe. Steamy Kitchen. https://steamykitchen.com/44260-chinese-birds-nest-soup-recipe.html

Parkinson, R. (2022). Chinese Swallow’s Nest Soup with Rock Sugar. The Spruce Eats. https://www.thespruceeats.com/swallows-nest-soup-with-rock-sugar-694312

Saengkrajang, W., Matan, N., & Matan, N. (2013). Nutritional composition of the farmed edible bird’s nest (Collocalia fuciphaga) in Thailand. Journal of Food Composition and Analysis, 31(1), 41–45. https://doi.org/10.1016/j.jfca.2013.05.001

 


0 Komentar

  • Tidak ada komentar, jadikan anda orang pertama untuk berkomentar.

Tinggalkan Komentar