Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

header

Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

Ifah Fauziah 11 August, 2022

Sering digunakan untuk pengobatan herbal, ini kandungan bermanfaat dalam sarang walet yang bermanfaat untuk kesehatan!

Apakah Anda pernah mendengar tentang sarang walet? Sarang walet merupakan sarang yang bisa dimakan (Edible Bird’s Nest atau EBN) yang dihasilkan oleh burung walet Collocalia fuciphaga. Sarang walet telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China dan dikenal dengan nama yan wo. Sarang walet mengandung berbagai nutrisi dan senyawa bermanfaat bagi kesehatan (Zeng et al., 2022).

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Bermanfaat dalam Sarang Walet

Kandungan utama dari sarang walet adalah protein dan karbohidratnya. Kadar protein dalam sarang walet dipengaruhi oleh makanan dan lingkungan tempat bersarang burung walet. Protein yang dapat ditemukan dalam sarang walet antara lain lactoferrin dan ovotransferrin. Selain itu, di dalam sarang walet juga ditemukan asam amino esensial dan non esensial (Mohd Halimi et al., 2014).

Karbohidrat yang ditemukan dalam sarang walet di antaranya asam sialat (9,0%), galaktosamin (7,2%), glukosamin (5,3%), galaktosa (16,9%), dan fukosa (0,7%). Berbagai macam karbohidrat ini diketahui bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti asam sialat yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak. Sarang walet juga mengandung senyawa nitrit dan nitrat (Mohd Halimi et al., 2014) .

Ini 4 Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dan senyawa bermanfaat yang kaya dalam sarang walet membuat sarang walet memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut di antaranya:

 

  • Meredakan gangguan sistem pernapasan

 

Sarang walet telah lama digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit pernapasan. Sarang walet juga dapat mengurangi dahak dan meredakan batuk (Zhao et al., 2016).

Menurut penelitian, sarang walet juga dapat mengobati infeksi virus-virus yang menyerang sistem pernapasan seperti virus influenza. Sarang walet dapat mengurangi jumlah virus dalam tubuh dan ikatan virus dengan sel dalam tubuh (Chua et al., 2021).

 

  • Sumber asam amino bagi tubuh

 

Asam amino adalah penyusun protein yang dapat diserap tubuh dan berfungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, memproduksi energi, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Studi menyatakan bahwa kandungan asam amino dalam sarang walet lebih banyak dibandingkan dengan sumber asam amino lain yaitu ikan patin (Mohd Halimi et al., 2014).

 

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

 

Potensi sarang walet untuk meningkatkan daya tahan tubuh ternyata telah terbukti secara ilmiah. Menurut penelitian sarang walet dapat merangsang daya tahan tubuh dengan meningkatkan respon imun selular dan humoral (Zhao et al., 2016).

  • Mencegah dan mengatasi diabetes

Sarang walet diketahui dapat mempengaruhi sel beta-pankreas yang memproduksi insulin, hormon yang digunakan untuk mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu, sarang walet juga dapat mencegah komplikasi organ tubuh akibat diabetes karena efek antioksidan dan antiradang (Choy et al., 2021).

Beragam manfaat yang dari sarang walet ini tentunya sayang untuk dilewatkan. Tak perlu khawatir, manfaat sarang walet kini dapat Anda peroleh di produk andalan kami, Visuddha Baddhana. Visuddha Baddhana mengandung kombinasi ekstrak sarang walet, ekstrak jamur cordyceps, dan ekstrak ginseng yang diproses secara nanoteknologi sehingga dapat meringankan gangguan pernapasan seperti asma, bronkitis, PPOK, COVID-19, batuk akibat rokok, TBC, dan ISPA.

Anda juga dapat konsultasi kesehatan dan herbal GRATIS melalui aplikasi Widya Herbal yang dapat diunduh di playstore dan appstore. Untuk konsultasi yang lebih intens dan mendalam dengan dokter dan apoteker kami, Anda dapat bergabung dengan WhatsApp Grup Widya Herbal.

Sumber:

Choy, K. W., Zain, Z. M., Murugan, D. D., Giribabu, N., Zamakshshari, N. H., Lim, Y. M., & Mustafa, M. R. (2021). Effect of Hydrolyzed Bird’s Nest on β-Cell Function and Insulin Signaling in Type 2 Diabetic Mice. Frontiers in Pharmacology, 12(April), 1–11. https://doi.org/10.3389/fphar.2021.632169

Chua, K. H., Mohamed, I. N., Mohd Yunus, M. H., Shafinaz Md Nor, N., Kamil, K., Ugusman, A., & Kumar, J. (2021). The Anti-Viral and Anti-Inflammatory Properties of Edible Bird’s Nest in Influenza and Coronavirus Infections: From Pre-Clinical to Potential Clinical Application. Frontiers in Pharmacology, 12(May). https://doi.org/10.3389/fphar.2021.633292

Mohd Halimi, N., Mohd Kasim, Z., & Babji, A. S. (2014). Nutritional composition and solubility of edible bird nest (Aerodramus fuchiphagus). AIP Conference Proceedings, 1614(February 2015), 476–481. https://doi.org/10.1063/1.4895243

Zeng, H., Jian, Y., Xie, Y., Fan, Q., Chang, Q., Zheng, B., & Zhang, Y. (2022). Edible bird’s nest inhibits the inflammation and regulates the immunological balance of lung injury mice by SO 2. https://doi.org/10.1002/fft2.146

Zhao, R., Li, G., Kong, X., Huang, X., Li, W., Zeng, Y., & Lai, X. (2016). The improvement effects of edible bird’s nest on proliferation and activation of B lymphocyte and its antagonistic effects on immunosuppression induced by cyclophosphamide. Drug Design, Development and Theraphy, 10, 371–381. https://doi.org/10.2147/DDDT.S88193


0 Komentar

  • Tidak ada komentar, jadikan anda orang pertama untuk berkomentar.

Tinggalkan Komentar