Segar dan Menyehatkan, Ini Langkah Mudah Buat Garang Asem Cermai di Rumah!

header

Segar dan Menyehatkan, Ini Langkah Mudah Buat Garang Asem Cermai di Rumah!

Ifah Fauziah 21 July, 2022

 

Buah cermai (Phyllanthus acidus) adalah buah berair yang memiliki rasa sangat asam. Buah cermai berbentuk bulat dengan lebar 1-2,5 cm berwarna putih kehijauan. Warnanya berubah menjadi kekuningan saat matang. Buah cermai memiliki kandungan cairan yang tinggi sehingga sering diolah menjadi manisan, minuman, dan sari buah asam hasil fermentasi. (Rymbai et al., 2015).

Cermai berasal dari wilayah Asia dan banyak tumbuh di Indonesia, Vietnam Selat, Laos, Semenanjung Malaya, dan India. Kini, buah cermai juga dapat ditemukan di Meksiko dan Amerika Tengah seperti Peru dan Brazil. Biasanya, cermai tumbuh di dataran rendah tropis dengan ketinggian hingga 1000 meter (Rymbai et al., 2015).

Selain lezat, buah cermai juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, di antaranya adalah untuk mengatasi radang, rematik, asma, diabetes, hipertensi, dan memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan peredaran darah. Aktivitas antioksidan pada cermai juga dapat mencegah oksidasi kolesterol sehingga mencegah pembentukan plak kolesterol di pembuluh darah (Brooks et al., 2020).

Cara membuat garang asem cermai

Memiliki rasa asam dan berair, buah cermai rupanya dapat diolah menjadi masakan lezat dan nikmat, salah satunya adalah garang asem cermai. Garang asem merupakan olahan berbahan dasar ayam berasa asam dan pedas yang biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Rasa asam dari cermai ini sangat cocok untuk memberi rasa olahan garang asem.

Bahan-bahan

Ayam yang sudah direbus 7 potong
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Jahe 1 ruas
Laos 1 ruas
Daun salam 2 lembar
Daun jeruk 4 lembar
Tomat merah 2 buah
Cermai 6 butir
Air 700 mL
Minyak tumis secukupnya
Garam dan gula pasir secukupnya

Langkah pembuatan

  1. Siapkan bahan-bahan. Potong bawang merah, bawang putih, tomat, dan jahe. Geprek jahe, laos, sereh, dan cermai
  2. Tumis semua bumbu hingga harum
  3. Masukkan air, tunggu hingga mendidih
  4. Masukkan potongan ayam dan masak hingga lunak
  5. Tambahkan gula, garam, tomat, dan cermai. Aduk hingga rata
  6. Garang asem cermai siap dihidangkan. Sajikan selagi hangat

(Windi, 2018).

Sangat mudah dibuat, bukan? Ingin tahu resep herbal lain yang tak kalah lezat dan menyehatkan? Manfaat dari buah cermai ini juga dapat Anda peroleh melalui produk Nirvataya dari Widya Herbal Indonesia. Produk Nirvataya mengandung ekstrak kunci pepet dan ekstrak buah cermai yang berfungsi untuk membantu mencegah penyerapan lemak dan kolesterol sehingga bebas makan enak tanpa cemas.

Informasi lain mengenai buah cermai dalam produk Nirvataya dapat Anda dapatkan melalui website Widya Herbal dan media sosial Widya Herbal.  Apabila Anda ingin berkonsultasi tentang herbal dan obat tradisional, Anda dapat mengunduh aplikasi Widya Herbal di playstore dan apps store untuk berkonsultasi dengan dokter kami!

 Sumber:

Brooks, R., Goldson-Barnaby, A., & Bailey, D. (2020). Nutritional and Medicinal Properties of Phyllanthus Acidus L. (Jimbilin). International Journal of Fruit Science, 20(S3), S1706–S1710. https://doi.org/10.1080/15538362.2020.1830013

Rymbai, H., Deshmukh, N., Jha, A. K., & Paul, D. (2015). Stargoose Berry (Phyllanthus acidus Skeels). In Breeding of Underutilized Fruit Crops (Issue 33, pp. 485–493).

Ulfa, R., Harsanti, R. S., & Azis, M. R. (2019). Analisis Penggunaan Bahan Pengemas pada Manisan Kering Terong Hijau (Solanum melongena L). Bioma?: Jurnal Biologi Dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 45. https://doi.org/10.32528/bioma.v4i1.2650

Windi. (2018). Garang Asem Cermai. Cookpad. https://cookpad.com/id/resep/6205956-garang-asem-cerme


0 Komentar

  • Tidak ada komentar, jadikan anda orang pertama untuk berkomentar.

Tinggalkan Komentar