Sakit Tenggorokan Tak Cuma Radang, Jangan Sepelekan!

header

Sakit Tenggorokan Tak Cuma Radang, Jangan Sepelekan!

Ifah Fauziah 09 August, 2022

Bila mendengar tentang sakit tenggorokan, mungkin yang terlintas di benak Anda adalah radang atau nyeri tenggorokan. Nyatanya, sakit tenggorokan bukan hanya radang. Terdapat berbagai macam penyakit lain yang bisa menyerang tenggorokan. Beberapa di antaranya bahkan bisa berakibat fatal.

Fungsi Tenggorokan bagi Tubuh

Tenggorokan (atau throat dalam Bahasa Inggris) sebenarnya merupakan organ yang memiliki dua fungsi, yaitu di saluran pencernaan dan di saluran pernapasan. Keduanya merupakan dua saluran yang berbeda, dimana saluran pencernaan disebut dengan kerongkongan sementara saluran pernapasan disebut dengan tenggorokan.

Tenggorokan terdiri dair beberapa bagian utama yaitu tonsil, faring, dan laring. Ketiganya memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda yaitu:

  • Tonsil

Tonsil atau lebih sering dikenal dengan amandel adalah organ limfoid yang membentuk struktur menyerupai cincin sehingga kadang kala disebut sebagai cincin Waldeyer. Tonsil memiliki bentuk berlekuk yang berperan sebagai pertahanan tubuh terhadap kuman yang masuk dari saluran pernapasan atau saluran pencernaan (Suling et al., 2018).

  • Faring

Faring merupakan ‘persimpangan’ antara saluran napas dan saluran cerna. Bagian ini terbagi menjadi dua bagian yaitu orofaring (yang mengarah ke saluran cerna) dan nasofaring (yang mengarah ke saluran napas). Selain itu, juga terdapat hipofaring, yaitu struktur bagian bawah faring. Pada faring, terdapat katup bernama epiglotis yang berfungsi untuk mencegah makanan masuk ke dalam tenggorokan (Rubesin, 2013).

  • Laring

Laring terletak di bagian bawah saluran pernapasan di tenggorokan. Fungsi dari laring sendiri adalah untuk melindungi saluran napas bawah dari makanan yang tanpa sengaja masuk ke saluran napas. Selain itu, laring memiliki pita suara yang menghasilkan suara (Suarez-Quintanilla et al., 2021).

Penyakit-penyakit yang Dapat Menyerang Tenggorokan

Tak hanya radang tenggorokan, berbagai penyakit lain rupanya bisa menyerang tenggorokan. Berikut adalah beberapa penyakit yang dapat menyerang tenggorokan:

  • Tonsilitis

Tonsilitis atau radang tonsil merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada tonsil (amandel). Penyakit ini ditandai dengan terjadinya radang, merah, bengkak, dan demam akibat infeksi pada tonsil (Suling et al., 2018).

  • Faringitis

Penyakit ini merupakan penyakit yang paling sering terjadi di saluran napas atas. Faringitis terjadi karena adanya peradangan di daerah faring dan jaringan di sekitarnya. Penyakit ini dapat disebabkan karena infeksi virus, bakteri, maupun jamur.(Jager & Mintz, 2006).

  • Laringitis

Laringitis bisa disebut sebagai radang pada laring. Gejala yang timbul bila mengalami laringitis meliputi suara serak, demam, dan batuk. Laringitis biasanya disebabkan karena rokok, alergi, dan adanya refluks asam lambung yang meningkat ke tenggorokan (Suarez-Quintanilla et al., 2021).

  • Kanker Nasofaring

Kanker nasofaring merupakan salah satu kanker langka yang terjadi di bagian atas tenggorokan, belakang hidung. Salah satu penyebab dari kanker nasofaring ini adalah Epstein-Barr Virus (EBV) (Miller, 2022).

  • Kanker Hipofaring

Kanker hipofaring adalah pertumbuhan tidak normal dari sel kanker di bagian hipofaring. Sebagian besar kanker ini (>95%) disebabkan karena rokok. Gejala dari kanker ini meliputi kesulitan menelan, gangguan telinga, suara serak, sesak napas, dan batuk berdarah (Mandal, 2022).

Berbagai macam sakit tenggorokan ini tentunya perlu dicegah dan diatasi. Produk kami, Geniring Tistis, mengandung ekstrak bunga krisan, kristal selenit, ekstrak kulit manggis, dan ekstrak alang-alang yang memiliki efek antiradang, antioksidan, dan sensasi dingin yang dapat meredakan berbagai sakit tenggorokan.

Produk Geniring Tistis dapat Anda peroleh dengan mudah. Cukup hubungi Customer Service Widya Herbal Indonesia. Anda juga dapat memeroleh informasi terkait Geniring Tistis di Website Widya Herbal Indonesia. Selain itu, Anda dapat mengunduh aplikasi Widya Herbal Indonesia yang dapat diunduh melalui playstore dan appsstore yang menyediakan Konsultasi Herbal dan Artikel Kesehatan secara GRATIS!

Sumber:

Jager, D., & Mintz, M. L. (2006). Pharyngitis. In Current Clinical Practice: Disorders of the Respiratory Tract: Common Challenges in Primary Care (pp. 77–87). Humana Press.

Mandal, R. (2022). Hypopharyngeal Cancer. John Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/hypopharyngeal-cancer#:~:text=Hypopharyngeal cancer is an abnormal,the inlet to the esophagus.

Miller, K. (2022). Nasopharyngeal Cancer. WebMD. https://www.webmd.com/cancer/nasopharyngeal-cancer

Rubesin, S. E. (2013). Abdominal Imaging. Abdominal Imaging, 2–4. https://doi.org/10.1007/978-3-642-13327-5

Suarez-Quintanilla, J., Cabrera, A. F., & Sharma, S. (2021). Anatomy, Head and Neck, Larynx. In StatPearls [Internet] Treasure Island (FL). StatPearls Publishing.

Suling, F. R. W., Pardede, S. O., Sahetapy, C. M., & Wiyanto, M. (2018). Tatalaksana Terkini Penyakit Infeksi dalam Praktik Sehari-hari.

 


0 Komentar

  • Tidak ada komentar, jadikan anda orang pertama untuk berkomentar.

Tinggalkan Komentar